CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 18 Oktober 2013

Bu, anakmu makan enak.. hehe

Idul Adha kemarin yang bertepatan dengan tanggal 15 Oktober 2013, adalah lebaran haji ke-tiga saya berada di tanah rantau. Idul Adha tahun 2010 saya ada di Jogja, shalat Ied-nya di Aula SMP N 1 Yogyakarta. Lebaran haji ke-2 tahun 2011 saya merayakannya di Magetan, di rumah Rahma. Dan lebaran haji ke-3 di tanah perantauan ini saya merayakannya di Jogja (lagi).

Jika sebelum - sebelumnya saat masih stay di rumah, sore hari menjelang lebaran biasanya saya, ibu dan kakak perempuan saya (saat itu belum menikah) anteng memasak di dapur sambil rumpi sana - sini untuk membuat sayur pedas (sambel goreng kuah) dan ketupat. Dan malam harinya, saya biasa diajak jalan - jalan muterin kota Indramayu  bareng seorang lelaki paling keren, bapak saya :D
Kali ini beda cerita...

Lebaran haji tahun ini saya menetap di kosan, berdua (aja) dengan teman saya yang Ngapakers asli Cilacap (yang lain pada pulang kampung). Untungnya ada tragedi kunci garasi yang kebawa embel ke Banjarnegara, jadi Nias nggak bisa ngeluarin motor buat pergi ke Purworejo, hehe. Sebenarnya, dari rencana yang sudah disusun, harusnya lebaran ini saya ikut Mb Depi dan mbelala pergi ke Banjarnegara (ke Dieng juga), tapi berhubung urusan saya di Jogja ada yang nggak rela untuk ditinggal akhirnya saya nyerah nggak nge-bolang dulu dan tetap bertahan di Jogja. Nggak masalah..:)

Maskam (masjid kampus) jadi pilihan kami (saya, Nias dan satu lagi teman saya yang masih nyangkut di Jogja namanya Awal). Berangkat jam 6 lewat buat jemput Awal di kosannya. Pas, begitu nyampe maskam jamaah shalat Ied udah siap - siap berdiri untuk shalat. Hampir aja telat... hoho
Sebenarnya saya mencatat isi khutbah shalat Idul Adha yang saya ikuti, tapi saya posting di sesi lain aja ya.. Yang disini cuma cerita -cerita aja :D

Semalam, sebelum tanggal 15 datang, ibu kos yang bernama Ibu Isna mengajak saya dan Nias untuk nyate. Yes! Ternyata keluarga Pak Bambang (bapak kos) alhamdulillah diberikan kesempatan untuk berqurban sapii^^. Oke deh langsung terima, tawaran nyate itu bagaikan oase di padang pasir, hehe. Kedengarannya adem untuk orang yang berstatus sebagai anak kosan.
Setelah shalat Ied, kita bertiga (saya, Nias Awal) mampir dulu nyari makan, waspada kali aja nyate yang ditawarkan semalam itu PHP. Pogung jadi pilihan, kita makan penyetan. ~,~ Ternyata nggak PHP loh, siang harinya setelah pembagian daging qurban beres, saya dan Nias ikut motong - motong dan nusukin dagingnya buat daging sate. hehe. Oh iya ada tips penting nih:
-Kalau mau bikin empuk daging, coba direndam dulu daging tersebut ke dalam air nanas (di jus)-
Nah, kami mempraktekkan fungsi air nanas itu secara berlebihan. Dan hasilnya.... jeng jeng... karena kelamaan ngerendemnya, si daging setelah dibakar jadi lembek dan teksturnya aneh. Zzzzz orapopo yang penting makan daging.. XD

Bu... anakmu makan enak, makan daging nih.... hehehe

Oh iya, satu hari sebelum Idul Adha makanan di kosan sungguh sangat melimpah, alhamdulillah rizki. hihi. Karena tanggal H-1 Idul Adha itu waktunya bertepatan dengan puasa Arafah, jadi menu buka puasanya sangat beraneka. Temen - temen saya pada baik - baik banget nih, menyumbangkan makanan untuk saya. Semoga amalan kebaikannya dibalas sama Allah ya :). hehe : es krim, satu kotak donat (isinya lumayan banyak), satu bungkus astor, minuman teh kemasan, cemilan, kebab, dan 2 porsi makan dari bu Isna. Subhanallah.. maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Pesta makan. Nggak habis semuanya, yang bisa diangetin ya diangetin untuk besok. :3

Bu... anakmu makan enak, makanannya macem - macem nih.... hehehe

Barusan, tadi malam, ada undangan makan - makan lagi dari bu Isna. Kali ini semua penghuni kosan mayoritas hadir memenuhi undangan kecuali Nias yang lagi di Purworejo dan Mb Depi yang lagi ngurusin acara seminar. Semalam tadi benar - benar makan besar. wkwkwk, Kita masak - masak dulu di lantai tiga* bareng bareng. Menu yang dibuat itu : kentang goreng, steak sapi, spageti saus jamur. Hehe mantapkan?!. Disana anak akobang bahu membahu masak selepas Maghrib, tentu saja koki utamanya adalah bu Isna (kite - kite mah jadi tukang bantu - bantu doang sih). Ibu Isna jago masak, denger - denger sih beliau ahli masak makanan luar negeri gitu deh.. waahh mantap. Matang!!!!

Bu... anakmu makan enak, makanannya gaya - gayaan semua nih.... hehehe

*Kosan Pak Bambang punya 4 lantai ; lantai 1 dan 2 untuk tempat kosan, lantai 3 itu rumah yang punya kosan, lantai 4 itu tempat jemuran.. hehe

Yap, inilah keluarga saya di Jogja bersama Akobang dengan teman - teman dan Ibu-Bapak kos yang baik hati..

Selamat Idul Adha.. :)
Semoga momen ini menjadikankita lebih berani, lebih ikhlas, lebih sabar, lebih peka, lebih lembut, lebih semangat dalam kebaikan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar